Kamis, 04 Juni 2009

Berdiri Teguh

Filipi 4:1

Bagian awal dari Filipi 4:1 yang menjadi nats kita kali ini adalah sapaan dan mahkotanya. Kemudian dalam bagian selanjutnya Paulus meminta agar jemaat Filipi berdiri teguh. Kita bisa membayangkan tiang yang tertancap ke tanah, kita juga bisa membayangkan batu karang yang kokoh, atau bisa juga kita bayangkan sebuah pohon berdiri teguh. Namun bisakah kita membayangkan "kita" yang berdiri teguh?

Firman Tuhan mengajar dan mendorong kita untuk berdiri teguh dan jangan goyah sekalipun dalam situasi dan kondisi yang membuat kita goyang bahkan seandainya kejatuhan dan kegoyahan itu wajar buat kita. Untuk ini, tentu saja kita tidak mampu melakukannya. Apalagi jika dalam pelayanan, kita berhadapan dengan bukan hanya situasi dan kondisi yang mengoyahkan kita tetapi justru berhadapan dengan sesama anak Tuhan yang membuat kita goyang. Namun, apakah itu mustahil terjadi?

Untuk berdiri teguh, kita memang tidak bisa melakukannya sendirian tetapi kita pasti bisa jika kita bersandar pada Allah. Bukan kita yang berdiri teguh tetapi kita bergantung dan berpegang pada sesuatu yang tidak tergoyahkan. Dan berita hebatnya adalah bahwa kita tidak hanya berpegang pada-Nya, namun Ia juga memegang kita jika kita berserah pada-Nya.

Hanya saja ada masalah yang paling berbahaya dalam kehidupan kita saat ini yaitu apakah mungkin kita sedang menjadi penyebab orang lain goyah. Apakah demikian? (CW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar