Kamis, 04 Juni 2009

Doa Hari Ini

1 Tesalonika 5:17

Sebagai orang percaya, saudara pasti selalu berdoa, begitu juga (mungkin) orang lain yang saudara kenal. Tetapi jika kepada saudara atau orang yang saudara kenal ditanya apa alasan berdoa, maka jawabannya tidak akan persis sama. Bahkan mungkin ada orang berdoa tanpa tahu mengapa dia harus berdoa.

Biasanya dalam berdoa kita mencurahkan segala macam perasaan, kekaguman, permohonan dan janji kita kepada Tuhan. Tetapi jika diamati maka akan didapati bahwa doa kita paling banyak berisi permintaan sehingga dapat disimpulkan bahwa alasan berdoa kita adalah karena kita ingin meminta sesuatu kepada Tuhan. Jarang sekali kita menyadari bahwa alasan yang sangat penting mengapa orang percaya harus berdoa adalah karena berdoa adalah perintah Tuhan. Artinya, jika orang percaya tidak berdoa maka dia melanggar perintah Tuhan dan itu artinya dia melakukan dosa (1 Yoh 3:4).

Tuhan Yesus memberikan contoh bagaimana seharusnya berdoa. Dia berdoa untuk menjalankan perintah Bapa-Nya dan menyerahkan permohonan-Nya pada kehendak Bapa-Nya bukan untuk menyenangkan hati-Nya atau untuk memenuhi kehendak-Nya. Demikian juga ketika Dia mengajar murid-murid-Nya berdoa.

Jadi, jika kita berdoa hari ini, berdoalah dengan sukacita bukan hanya karena ingin meminta sesuatu dari Tuhan, tetapi karena mau taat pada-Nya. Jika itu yang kita lakukan maka kita akan siap menerima semua jawaban doa kita. Kita akan bersyukur dalam segala hal karena kita berada dalam kehendak-Nya. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar