Minggu, 07 Juni 2009

Kata-Kata Hari Ini

Kolose 4:6

Pada waktu kita melihat dan mendengar seorang anak kecil belajar mengucapkan sesuatu, kita selalu tersenyum sekalipun kita tidak mengerti apa yang dimaksudkannya. Dan ketika dia mampu mengucapkan sesuatu yang membuat kita mengerti, betapa bahagianya kita. Kita senang mendengar setiap kata yang keluar dari mulut kecilnya, sehingga tidak jarang kita juga turut serta berkata-kata seperti yang diucapkannya.

Rasanya kita tidak pernah memarahi seorang anak kecil yang dengan cadelnya mengucapkan sesuatu. Kita tidak pernah merasa bahwa apa yang dia ucapkan adalah sesuatu yang tidak benar. Kita bahkan tidak pernah bosan mendengar segala ocehannya. Sepertinya kita sadar bahwa ketika seumur dia kitapun selalu mengeluarkan perkataan yang membuat orang lain gembira dan tidak merasa tersinggung apalagi tersakiti.

Tetapi bagaimana setelah kita telah menjadi dewasa dan menjadi seperti sekarang ini? Masihkah kita senang mendengar kata-kata yang terucap dari mulut seseorang yang telah lancar berbicara sama seperti kita senang mendengar seorang bocah bicara? Masihkah orang lain senang mendengar kata-kata kita? Atau perlukah kita kembali menjadi seperti seorang anak yang sedang belajar mengucapkan sesuatu?

Rasanya kita harus selalu belajar mengeluarkan kata-kata yang menjadi berkat bagi orang lain, karena itu adalah kehendak Tuhan. Hendaklah sejak hari ini, kata-kata kita senantiasa penuh kasih dan tidak hambar sehingga kita menjadi berkat bagi orang lain. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar