Kamis, 21 Mei 2009

Sukacita dan Mahkota

Filipi 4:1

Jemaat Filipi adalah jemaat yang sangat luar biasa. Paling tidak dalam benak Paulus mereka adalah orang-orang yang sangat hebat. Paulus menyapa mereka sebagai orang-orang yang ia kasihi dan rindukan. Artinya jemaat ini mendapat tempat yang istimewa dalam hati Paulus.

Hal yang lain lagi adalah Paulus menyapa mereka sebagai "Sukacita dan Mahkota"-
nya. Wow, hebat sekali bukan? Pujian ini datang bukan dari orang yang biasa-biasa saja, tetapi datang dari seorang yang dianggap luar biasa dedikasinya dalam pelayanan pada waktu itu. Bayangkan saja, "sukacita dan mahkota" kata yang nyaris tak pernah digunakan manusia untuk memuji orang atau kelompok lain.

Namun pujian dari Paulus bagi jemaat Filipi, mereka dapatkan itu bukan tanpa perjuangan. Ada harga yang harus mereka bayar. Mereka harus berjuang, mereka menunjukkan hidup yang penuh kasih, mereka taat dan banyak hal-hal lain yang mereka lakukan sehingga akhirnya mereka dipuji oleh Paulus.

Kita juga memiliki kesempatan yang sama seperti mereka. Kita bisa menjadi mahkota dan sukacita bagi orang lain, bukan untuk kemuliaan dan kebanggaan kita tentu saja tapi untuk kemuliaan Kristus. Kita dapat menjadi seperti jemaat Filipi karena kita sama-sama milik Allah, tetapi yang harus diingat adalah bahwa untuk itu ada harga yang harus kita bayar. Siaplah kita membayar harga untuk menjadi sukacita dan mahkota? Dan sudah cukup pantaskah sikap kita? (CW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar