Kamis, 04 Juni 2009

Sukacita Karena Firman Tuhan

Nehemia 8:11

Nats Alkitab kali ini memberikan pelajaran tentang apa yang dialami orang Israel. Mereka adalah satu-satunya bangsa di dunia yang memiliki Allah yang benar dan memiliki kitab Taurat. Tetapi mereka tidak menikmati kebenaran-kebenarannya selain kerna memang mereka banyak kali tidak mematuhinya, pada saat itu mereka juga mengalami serangan dari bangsa-bangsa di sekitar mereka. Karena hal inilah maka mereka tidak lagi menyadari bahwa kitab Taurat yang mereka banggakan tersimpan di rumah Tuhan.

Kitab tersebut telah rusak dan baru ditemukan kembali pada masa pemerintahan raja Yosia (2 Taw 34). Dan pada waktu Nehemia menjadi Bupati dan Ezra menjadi imam, kitab Taurat dibacakan dan diberi penjelasan. Orang Israel yang telah lama hidup dalam tekanan dan begitu merindukan Allah menjadi sangat terharu sehingga dengan segera menyembah Allah (Neh 8:7,10).

Sesuatu yang luar biasa terjadi pada saat mereka mendengar Firman Tuhan. Mereka sangat terharu, sehingga mereka harus diingatkan bahwa ketika mereka memahami Firman Tuhan mereka tidak boleh berdukacita tetapi mereka harus bersukacita. Firman Tuhan seharusnya menghadirkan sukacita dan bukan sebaliknya.

Nah, apakah kita juga seperti orang Israel yang merindukan dan menerima Firman Tuhan? Apakah kita bersukacita ketika memahami kebenaran Firman Tuhan? Jika belum atau tidak, maka hari ini adalah saatnya kita memulainya. Bersukacitalah karena kita memiliki dan memahami Firman Tuhan. (YW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar